Senin, 09 Juni 2008

MEMBALAS EMAIL

Setiap kita mengirim email pada seseorang pasti terdapat CC dan BCC. Sebenarnya CC dan BCC itu apa sih?

CC atau Copy Carbon adalah lampiran, selain ditujukan ke sebuah alamat utama juga dikirimkan tembusannya ke alamat lain. Biasanya alamat utama kita tuliskan pada bagian yang diawali dengan "TO", sedangkan alamat tembusannya kita tuliskan pada bagian CC.

BCC atau Blind Copy Carbon merupakan variasi dari CC. Orang yang menerima email yang alamatnya dituliskan pada bagian "TO" oleh si pengirim, bisa melihat kepada siapa atau kepada alamat email mana saja email tersebut dikirimkan sebagai tembusan. Ini karena ia bisa langsung melihat pada bagian "CC". Kadang-kadang ada kebutuhan untuk mengirimkan sebuah email kepada seseorang tapi kita tidak ingin orang tersebut tahu bahwa kita juga mengirimkan tembusannya kepada alamat orang lain. Untuk itulah digunakan BCC. Beberapa email client menyediakan bagian "BCC", selain "TO" dan "CC". Pada Outlook Express ver. 5.01 bagian BCC baru bisa tampak bila kita masuk ke sebuah email baru dan mengklik pilihan View dan All Headers.

Berikut adalah langkah bagaimana menggunakan CC dan BCC:
1. Login ke Yahoo! lalu klik “Sign In” (catatan : kalian harus memiliki account Yahoo! dulu sebelumnya. Unutk pembuatan account baru di Yahoo! telah dijelaskan dalam posting sebelumnya).
2. Isi Yahoo! ID dengan alamat email, lalu isikan password dan klik “Sign In”.

3. Jika nama kita telah tertera pada halaman web artinya kita telah sukses sign in ke dalam akun Yahoo! Kita. Selanjutnya klik pada “Mail”.
4. Setelah kita masuk pada halaman email kita, klik “New” untuk mulai menulis email.





5. Klik “Show BCC” untuk menampilkan form BCC.
6. Sehingga muncul tampilan berikut.
7. Isikan “TO” dengan alamat email yang dituju.
8. Isi form CC dengan alamat email yang dituju.
9. Isi form BCC dengan alamat yang dituju.




10. Setelah mengisi alamat email baik pada TO, CC maupun BCC, isi pula subject dan isi email yang akan dikirim. Selanjutnya klik “Send” untuk mengirim.
11. Jika pengiriman email sukses, maka akan muncul tampilan seperti berikut.


Tidak ada komentar: